Jumat, 19 Februari 2010

PASSENGER HANDLING

Passenger Handling adalah suatu pemberian pelayanan kepada penumpang dan bagasi/barang bawaannya selama di terminal bandara, baik keberangkatan maupun kedatangan.

Seperti halnya dengan 'handling' lain pada ground handling, passenger handling ini juga dibagi menjadi 3 bagian mendasar, yakni pre flight, in flight (biasanya disebut on boar services), dan post flight.

Pre flight services adalah pelayanan kepada penumpang (khususnya), cargo, mail, ramp, dan baggage di terminal keberangkatan kota asal (origin). Pelayanan ini mencakup check in dan boarding.

In Flight services adalah pelayanan kepada penumpang (khususnya) selama dalam masa penerbangan. Jenis pelayanan ini biasanya berdasarkan dokumen flight manifest, seperti meal on req dll. Bahkan, PT. Garuda Indonesia membuka pelayanan Immigration On Board u/ memudahkan penumpang dari/dan ke Jepang (Tokyo) terhadap pengurusan dokumen paspor dan visa. Pelayanan Immigration on Board ini termasuk ke dalam In Flight Services.

Post flight merupakan pelayanan kepada penumpang (khususnya), cargo, mail, ramp, dan baggage di terminal keberangkatan kota tujuan )destination). Pelayanan ini mencakup matching baggage caring by passenger dgn baggage claim tag, serta claim terhadap keterlambatan/kerusakan bagasi di counter Lost & Found.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar